Jumat, 17 Maret 2017

Analisa Pergerakan Saham BUMI by 6straderskill


www.6straderskill.com
www.6straderskill.com




Hallo AlLllL……..
Ketemu lagi sama saya, pada pembahasan kali ini , saya ( sebagai penulis ) akan mencoba menceritakan tentang emiten yang sering bikin kita para trader dan investor ini senang bukan kepalang , dan sakit luar biasa disaat yang bersamaan .
seperti yang sudah sering kita ketahui , bahwa MAMA emiten bakrie (B7) ini memang adalah seorang / sekelompok orang yang sangat – sangat di hargai dan di segani di pasar saham kita Indonesia, karena sepak terjang , strategi dan teknik dalam menggerakkan harga yang sangat lihai.
Sebelum anda melanjutkan membaca artikel ini, perlu dan PENTING untuk diketahui, bahwa apapun yang saya tulis disini bersifat Disclaimer , segala tulisan ini juga bersifat pendapat pribadi penulis saja. harap para pembaca melakukan analisa sendiri dan mencocokkannya dengan artikel ini tanpa menerima nya mentah-mentah tanpa pertimbangan pribadi.
pada artikel ini , saya sebagai penulis akan mencoba untuk menjelaskan, apa yang sudah terjadi pada pergerakkan harga saham BUMI ini , kenapa hanya BUMI ??  karena emiten ini bisa kita jadikan sebagai patokan atau tolak ukur untuk anak-anak BUMI lainnya, dengan bergeraknya saham ini keatas ataupun kebawah, “biasanya” anak-anaknya akan ikut juga, seperti Induk Angsa yang diikuti oleh anak-anaknya kemanapun induknya pergi.
bila kita lihat chart yang saya tampilkan diawal artikel ini, dapat kita lihat bahwa chartnya terbentuk dengan sangat indah sekali, tidak sesuai dengan apa yang kita rasakan bila kita melihat pergerakan harganya setiap hari di running trade yang bisa naik turun beberapa kali dalam satu hari. ini juga merupakan bukti bahwa MAMA emiten ini sangat pintar dalam menggerakan dan mengambar chart.
Sekarang, kita akan mencoba flash back kebelakang, analisa yang akan saya lakukan bukan dari awal kebangkitan emiten ini di tanggal 05 Oktober 2016, akan tetapi analisa ini akan saya lakukan sejak tanggal 28 Desember 2016, kenapa? alasannya sederhana, seingat saya sejak tanggal inilah “rumor” bahwa emiten ini akan menggelar “right issue” dan aksi koperasi ( Corp Action ) disetujui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). dan sejak tanggal ini jugalah“rally” harga saham BUMI di mulai, padahal jadwal RUPSLB nya masih akan dilakukan pada hari Selasa bulan Februari tanggal 7 tahun 2017.
akan tetapi harga BUMI sudah bergerak naik sejak tanggal 28/12/16 sejak diumumkannya persejuan “right issue” oleh OJK dan…. tepat pada tanggal 07 Februari 2017 ( hari RUPSLB diadakan ) candle BUMI membentuk “Shooting Star” dan Rally pergerakan harga BUMI pun berakhir dan dilanjutkan dengan penurunan yang cukup dalam atau rally kebawah, atau bila kita perhatikan lebih kebelakang lagi yaitu tepat tanggal 26 Januari 2017, sudah membentuk candle Evening Star ( Bearish ), seharusnya ini sudah menjadi signal kita untuk keluar dari emiten ini.


www.6straderskill.com www.6straderskill.com

Hampir Semua trader dan investor, kebinggungan , galau dan terjebak didalam skenario MAMA ini, dan bertanya-tanya,
Apa sebenarnya yang terjadi ? RUPSLB nya quorum dan disetujui oleh nyaris 100% suara, kenapa harga BUMI malah turun ?? apa yang harus dilakukan ? padahal harga Right Issue nya atau harga tebusnya sudah diputuskan dan di konfirmasi ada diangka Rp.926,00
Bila kita analisis dan kita “mau” menerima fakta bahwa, pada tanggal 07 Februari 2017, dimana RUPSLB nya menerima suara bulat akan RI di harga Rp.926 , di saat itu lah , kita para “Retail” menjadi jauhhhhhhhhh, bahkan sangat jauh lebih YAKIN kepada emiten BUMI ini akan segera mencapai bahkan melewati harga RI nya, dan tepat pada saat itu jugalah para investor dan trader retail berpikir dengan sangat “sempurna” …
“BUMI sekarang sedang koreksi sehat, saat yang tepat untuk masuk!!!”
bagi para pembaca yang mau menerima fakta bahwa mereka masuk dikisaran harga 430-490 , terimalah bahwa MAMA sudah sangat – sangat SUKSES dalam menerapkan strateginya. sekali lagi, MAMA Bakrie / B7 berhasil membujuk, mengajak dan memanfaatkan para investor dan trader retail agar mereka bisa melakukan profit taking.
apakah apa yang saya tuliskan ini benar adanya ??? saya sebagai penulis artikel ini juga tidak tahu, tetapi, saya akan mencoba untuk menunjukkan beberapa data-data yang bisa kita semua peroleh dengan sangat mudah melalui OLT kita masing-masing untuk melihat pergerakan dari MAMA pada emiten ini, kemudian silahkan para pembaca berpikir dengan sangat bijaksana tanpa memikirkan atau mementingkan diri sendiri karena terlanjur “nyangkut” , cobalah berpikir dengan NETRAL , kemudian simpulkan lah apa yang saya tuliskan ini benar adanya atau hanya omong kosong belaka.

sekarang, kita lihat chart dari emiten BUMI ini sejak tanggal 28 Desember 2016.
www.6straderskill.comchart diatas saya bagi dalam 2 fase, karena saya akan coba untuk menceritakan berdasarkan fase-fase tersebut, kita akan mulai dari fase yang pertama, yaitu fase CUAN.

Fase CUAN.

pada awal kebangkita emiten ini ditanggal 28 Desember 2016 sampai dengan akhir rally nya di tanggal 30 Januari 2017, bila kita melihat dari sudut pandang lain, yaitu dari sudut pandang MAMALOGY , dimana kita memperhatikan transaksi done / transaksi yang terjadi. kita dapat mengambil data dari OLT kita dengan hasil sebagai berikut : ( dalam hal ini penulis mengunakan OLT IPOT )

www.6straderskill.com

Kesimpulan dari data Broker summary diatas:
  • Dari data diatas dapat kita lihat bahwa ada perpindahan barang dari banyak pejual ke sedikit pembeli yang biasa kita sebut juga sebagai proses “akumulasi”, dimana para MAMA melakukan Net Buy.
  • Pada fase kenaikan ini dari broker summary juga dapat kita lihat bahwa “justru” broker retail justru berada di sebelah kanan ( penjual ), dimana para Retail melakukan Net Sell.
  • dan bila data ini kita olah lebih dalam lagi, maka kita akan menemukan fakta bahwa :
    • Avg transaksi yang terjadi berada di harga 387.4
    • dari total Volume sebesar 214,370,865 juta lot yang terjadi , transaksi Net Volumenya hanya sebesar 24,109,365 juta lot
    • broker retail melakukan Net Sell dengan ratio sebesar -14.2% dari total transaksi yang terjadi
    • proses ini berlangsung selama 23 hari kerja ( 1 bulan ).
sekarang kita perhatikan data dari fase penurunannya yaitu sejak tanggal 31 Januari 2017 sampai dengan tanggal 13 Februari 2017, kenapa hanya sampai tanggal 13 februari 2017 ? karena sejak tanggal 14 februari 2017 sebenarnya emiten ini sudah memasuki fase Sideway ( hal ini nanti akan kita bahas berikutnya ). sekarang kita lihat dulu data yang ada.
www.6straderskill.comKesimpulan dari data Broker Summary diatas:
  • Terjadi perpindahan barang dari sedikit penjual ke banyak pembeli , dengan perbandingan 56 broker yg melakukan pembelian dan 44 broker yang melakukan penjualan atau yang biasa juga kita sebut sebagai proses “Distribusi”.
  • Pada fase penurunan ini, broker-broker retail justru berada di sebelah kiri ( pembeli ) dimana para retail melakukan “Net Buy”
  • dan bila data ini kita olah lebih dalam lagi, kita akan menemukan fakta bahwa:
    • AVG transaksi yang terjadi berada di harga 464,45
    • dari total volume sebesar 88,297,657 juta lot yang terjadi, transaksi Net Volumenya hanya sebesar 14,512,823 juta lot
    • Broker retail melakukan Net Buy dengan ratio sebesar 9.4% dari total transaksi yang terjadi.
    • Proses ini hanya berlangsung selama 10 hari kerja.
Dari kedua data broker summary diatas dapat kita simpulkan bahwa MAMA sudah SUKSES dalam menjalankan aksinya. kesimpulannya akan menjadi seperti ini:
  • AVG transaksi pada saat MAMA ngumpulin barang adalah 387.4 dan AVG transaksi pada saat MAMA melepas barang adalah 464.4, ada selisih sebesar Rp.77 , kesimpulannya, MAMA berhasil profit taking dengan profit sebesar 20% dari AVG pembeliannya.
  • Teori MAMA belanja pada saat Retail buang barang, dan MAMA jualan pada saat Retail ngumpulin barang adalah “benar”
  • Skenario MAMA dalam memanfaatkan berita “Right issue” sudah berjalan dengan SUKSES!!!
  • dari sudut pandang yang berbeda yaitu secara mamalogy, kita memang sudah harus keluar pada saat terjadinya distribusi
  • dari sudut pandang teknikal dapat kita lihat bahwa candle yang terbentuk juga sudah memberikan signal kepada kita untuk keluar.
  • Apa yang dikumpulkan MAMA dalam fase kenaikannya sudah selesai di distribusikan pada fase penurunannya
  • fase yang akan kita hadapi selanjutnya adalah fase sideway

Fase Sideway

Setelah kita membahas Fase Kenaikan dan penurunannya ( Masa Lalu ) , sekarang kita akan coba untuk membahas masa kini, dimana pada emiten ini sedang terjadi masa sideway nya, yang dapat kita lihat pada berbagai macam indikator seperti CCI, MACD, RSI, Stoch, dll.
www.6straderskill.comSetelah diatas kita membahas fase kenaikan dan penurunannya atau pola Uptrend dan Downtrend, yang saat ini harus atau biasa dilakukan oleh MAMA adalah Sideway, karena tipe trend sideway ini adalah jurus MAMA yang paling jitu untuk mengusir para retail, harga yang cenderung naik dan turun dalam range tertentu akan membuat para retail galau dan malas untuk bertransaksi di saham ini, ditambahkan dengan berkurangnya news / berita-berita mengenai emiten Bakrie / B7 ini, para trader akan cenderung memilih melihat saham lain yang sedang rally sehingga akan melupakan emiten ini untuk sementara waktu.
trend sideway ini sudah terjadi sejak berakhirnya masa downtrend yang terjadi, dimana jika kita cek broker summary nya sejak tanggal 14 februari 2017 hingga, hari dimana artikel ini di tulis tanggal 11 maret 2017, hasil dari broker summary nya sudah netral, oleh karena itu penulis hanya menganalisis downtrend nya hanya sampai tanggal 13 februari 2017, karena hasil dari broker summary dari tanggal 14 februari sudah netral walaupun terjadi penurunan harga.
bila kita perhatikan chart nya dalam rentang waktu sideway ini, maka kita akan menemukan ada 2 kali pola bullish harami dan three inside up. dimana pola ini “harusnya” menunjukkan reversal dari downtrend ke uptrend, akan tetapi sekali lagi, semua pola dari candle harus di konfirmasi terlebih dahulu, dan yang terjadi pada emiten ini, walaupun membentuk pola reversal yang kuat, tetapi semuanya gagal konfirmasi, yang mengindentifikasi kan bahwa, ada player yang mencoba untuk menaikkan harga atau merubah trend tetapi gagal karena di tahan oleh player lain. hal – hal seperti inilah yang sering terjadi dalam pola sideway. harga akan selalu naik dan turun dalam range harga tertentu yang mengakibatkan para investor dan trader “malas” untuk trading di saham sideway.
dari chart diatas dapat kita perhatikan bahwa range sideway nya ada dikisaran harga 290 – 390, berdasarkan range sideway ini, kita dapat menentukan titik support dan resisten nya, dimana supportnya ada di harga 290 dan resistant nya ada di harga 390, bila harganya breakdown 290 dan closed dibawahnya, maka bisa kita simpulkan bahwa trend turunnya masih akan berlanjut, begitu juga sebaliknya, jika harga berhasil breakout 390 dan closed diatasnya, maka pola uptrend lah yang akan terjadi berikutnya, hal ini dapat kita lihat pada chart dibawah ini.

www.6straderskill.comSetelah kita berbicara tentang masa lalu dan masa kini, sekarang kita akan mencoba untuk menganalisa masa depan dari emiten ini, saya rasa mungkin ini juga yang di tunggu-tunggu oleh para pembaca, hehehehe…. tapi sekali lagi… disini saya “coba” untuk memprediksi pergerakan harganya kedepan, namun, apapun bisa terjadi di masa depan, dan bisa saja MAMA merubah skenarionya jika membaca artikel ini. so… sangat sangat diharapkan untuk para pembaca tetap berhati-hati dan tetap menganalis emiten ini bila terjadi perubahan dari pergerakan harganya.
kebetulan, untuk analisa jangka menengah sampai dengan waktu 1 bulan kedepan, saya sangat suka menggunakan indikator ichimoku kinkyo hyo sebagai indikator utama dengan settingan berbeda dari default nya.
bila para pembaca juga terbiasa menggunakan indikator ini, saya yakin para pembaca mengetahui bahwa, salah satu “kebiasaan” indikator ini adalah bila harga/candle jauh dari awannya, maka harga/candle akan cenderung mendekatinya, hal ini dapat kita lihat pada chart diatas, dimana pada candle tanggal 21 februari 2017 candle sudah terletak terlalu jauh dari awannya, maka candle atau harga akan cenderung mendekati awannya, ini juga adalah satu trendsideway yang dapat kita baca dari indikator ichimoku.
dari pola diatas, kita dapat memprediksi kan bahwa “nantinya” , cepat atau lambat harga akan
  1. menyentuh awan ( span A ), dimana bila kita lihat Span A berada pada harga 318-348 ( tergantung mana yang menyentuhnya duluan ), yang dapat kita jadikan sebagai Resistant terdekat saat ini (panah 1),
  2. dan jika harga tidak berhasil menembus awan, harga akan kembali turun ( panah A )
  3. bila candle sudah berhasil masuk kedalam awannya ( panah 2 ), maka harga kembali akan menemukan Resistantnya di harga 390 sebagai Resistant kuatnya yang akan menentukan saham ini akan melanjutkan trend kuatnya atau tidak,
  4. bila harga tidak berhasil menembus resistantnya, maka supportnya berada di harga 318 ( panah B )
  5. bila harga juga tidak berhasil menembus support dan resistantnya, maka untuk sementara harga akan “terpenjara” didalam awan dan melanjutkan trend sidewaynya dikisaran harga 318 – 390.
  6. jika kita perhatikan tenkan dan kijun nya ( lingkaran ) juga sudah hampir GC
seperti inilah prediksi sederhana dari penggunakan indikator “ichimoku” , support kuat berada diharga 290, jika harga breakdown dan bertahan dibawah 290, maka kemungkinan besar trend turunnya masih akan berlanjut lagi… lebih baik waspadalah.
ini hanyalah salah satu contoh untuk memprediksi pergerakan harga menggunakan satu jenis indikator saja, tentu saja untuk menguatkan analisa kita, kita perlu menambahkan atau mengkonfirmasikannya dengan indikator lainnya,
bagi anda yang tertarik untuk belajar analisa dari dasar hingga mahir, anda dapat menghubungi cs kami di cs@6straderskill.com  atau mengunjungi website kami di 6sTraderSkill atau bisa juga dengan bergabung di Telegram kami.
baiklah, setelah kita coba menganalisa emiten ini, saya yakin, tanpa analisis pun banyak trader / investor yang tetap percaya bahwa harga akan tetap naik!!! kenapa ??? karena Right Issue nya ada di harga Rp.926,- ,
setelah kejadian downtrend ini, banyak juga trader dan investor yang bertanya-tanya kepada saya,
” Apakah harga pasti mendekati Right Issue nya ? HARUSKAH harga saat ini berada diatas harga Right Issue nya ?? bukannya jika harga saat ini berada di bawah Right Issue tidak akan ada yang mau menebus nya ??? dll….
Sekali lagi, kita harus mengakui bahwa MAMA emiten ini sangat – sangat mahir, dan untuk menjawab berbagai macam pertanyaan yang timbul, saya akan coba menjawab nya di lain waktu , di artikel yang berbeda.
Terima kasih atas kesediaannya untuk membaca artikel ini dari awal hingga akhir, Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Salam Cuan,
Cuan adalah Nasib!!! dan Loss adalah Pilihan!!! , Berapa lamakah anda sanggup mengarungi lautan dan tantangan yang ada di pasar saham ???
Hubungi kami di 6sTraderSkill , kami akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan anda semampu kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar